Ragam Kandungan Gizi dan Manfaat Keju

08.30

KANDUNGAN DAN MANFAAT KEJU. Keju merupakan salah satu hasil olahan susu yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan aneka makanan seperti kue, baik kue basah maupun kue kering, sup, roti isi, spagheti, dan lain-lain. Bahkan ada makanan khusus yang memanfaatkan keju sebagai andalan rasanya seperti cake keju, stik keju / cheese stick, pizza, dan sebagainya. Manfaat keju selain sebagai bahan pembuat makanan juga sebagai nutrisi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Keju diperoleh dari susu yang telah melalui proses pengentalan / koagulasi dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Komposisi nutrisi pada keju ditentukan dari asal susu yang menjadi bahan dasarnya, seperti susu sapi, kambing/domba, unta, kuda ataupun kerbau. Secara umum kandungan nutrisi yang ada pada keju terdiri dari protein, kalsium, vitamin  B12, riboflavin,  fosfor, zink/seng dan lemak.


Berikut komposisi nutrisi yang terdapat pada keju :

Protein 
Kandungan protein pada keju berkisar antara 10% - 30%. Komposisi protein ini akan berpengaruh terhadap rasa dan tekstur pada masing-masing jenis keju.

Lemak
Kandungan lemak pada keju berbeda-beda untuk masing-masing jenis keju. Lemak ini juga yang akan memberikan rasa dan tekstur yang unik pada masing-masing jenis keju tersebut. Keju segar memiliki kandungan lemak yang rendah, hingga 12%, sedangkan keju yang sudah dimatangkan akan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi hingga 50%.

Vitamin
Kandungan vitamin pada keju tidak sebanyak susu. Hal ini disebabkan hilangnya sebagian vitamin yang ada pada susu saat proses pembuatan/fermentasi susu menjadi keju. Vitamin tersisa yang ada pada keju antara lain vitamin B12, riboflavin (B2) dan Vitamin B1.

Mineral
Keju sangat kaya akan mineral seperti kalsium, zink, fosfor dan seng. Kandungan kalsium pada keju sangat ditentukan oleh proses koagulasi yang dilakukan. Proses koagulasi dengan menggunakan enzim akan menghasilkan keju dengan kandungan kalsium lebih banyak dibandingkan dengan koagulasi menggunakan asam. Selain itu, keju juga kaya akan sodium, sebagai akibat dari penggunaan garam saat proses pembuatannya.

Selain kandungan nutrisi di atas, keju juga mengandung kadar laktosa dalam jumlah yang kecil, yaitu sekitar 4%. Hal ini disebabkan sebagian besar laktosa yang ada pada susu terbuang saat proses pembuatan keju dan yang tersisa sebagian berubah menjadi asam laktat saat terjadi proses pematangan. Rendahnya kadar laktosa ini menyebabkan keju aman bagi penderita diabetes maupun penderita intoleransi laktosa.
sumber : wikipedia


MANFAAT KEJU. Beragam kandungan nutrisi pada keju seperti di atas memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat keju bagi kesehatan adalah sebagai berikut :


Manfaat Keju untuk Kesehatan Gigi dan Pertumbuhan Tulang
Kandungan Mineral yang tinggi pada keju memberikan manfaat pada kesehatan gigi dan pertumbuhan tulang. Khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ibu hamil atau menyusui yang membutuhkan banyak mineral bagi si calon bayi yang ada dalam kandungannya maupun bayi yang sedang disusuinya. Tidak terbatas pula pada orang dewasa yang juga membutuhkan kalsium dan mineral lainnya sebagai penguat tulang. Rendahnya kadar laktosa pada keju menjadikan keju aman bagi kesehatan gigi, karena laktosa merupakan salah satu bentuk gula yang dapat merusak gigi.

Manfaat Keju untuk Pencegahan Osteoporosis
Kalsium dan Vitamin B merupakan perpaduan yang sangat cocok dalam memperkaya dan memperkuat struktur tulang, sehingga menjadikan tulang lebih padat dan kuat. Oleh karena keju dapat menjadi salah satu asupan yang sangat dibutuhkan bagi orang dewasa untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Manfaat Keju untuk Pencegahan Diabetes
Laktosa merupakan salah satu bentuk gula yang dapat merugikan kesehatan, khususnya penyakit diabetes. Keju yang mengandung laktosa dalam komposisi yang sangat rendah, tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Bahkan beberapa ahli dalam penelitiannya memperlihatkan bahwa konsumsi keju dapat menurunkan resiko diabetes sebagai akibat adanya bakteri probiotik yang ada pada produk keju dan yoghurt.
sumber : organicfacts 

Demikianlah uraian tentang manfaat keju dan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada keju. Pintar-pintarlah dalam memilih asupan makanan yang tepat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh kita.



Semoga bermanfaat.

Lihat juga : cemilan kue kering keju sehat tanpa MSG dan pengawet, cheese stick "CHEEZZZTICK"


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images