Mengenal Beragam Jenis Keju

09.34

ASAL MUASAL KEJU. Keju merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita temui sehari-hari. Banyak sekali orang yang menggemari bahan makanan yang satu ini, baik untuk dikonsumsi langsung, ataupun diolah menjadi produk makanan lain seperti bermacam kue basah, kue kering, pizza, roti, selai dan lain sebagainya. Keju sendiri merupakan salah satu hasil olahan susu yang diperoleh dari susu sapi, kambing ataupun kerbau. Tahukah Kamu asal muasal keju dari mana ? Keju berasal dari wilayah Timur Tengah, tepatnya wilayah perbatasan antara Irak, Syiria dan Turki. Tidak ditemukan bukti tertulis tentang persisnya keju ditemukan dan mulai dibuat oleh manusia. Tetapi sebagian besar ahli sejarah meyakini bahwa keju sudah mulai dikonsumsi oleh manusia sejak 8.000 tahun yang lalu.

Keju sendiri sebetulnya ditemukan dengan cara tidak sengaja. akibat dari penyimpanan susu dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lainnya yang terkena sinar matahari langsung. Ternyata merubah susu tersebut menjadi campuran air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih yang kemudian diolah menjadi keju seperti yang dikenal saat ini.

Saat ini keju diproduksi dengan cara memisahkan zat-zat dalam susu melalui proses pengentalan / koagulasi. Proses ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim yang disebut bakteri rennet. Hasil dari proses pengentalan ini kemudian dikeringkan dan diproses kembali untuk kemudian diawetkan. Dari bentuk fisiknya keju dapat dibedakan menjadi 2 varian, yaitu keju lembut/soft cheese dan keju padat/hard cheese. 

Beberapa jenis keju yang umumnya kita kenal saat ini dan sering digunakan dalam pengolahan berbagai jenis makanan ataupun minuman adalah sebagai berikut :

VARIASI KEJU LEMBUT/SOFT CHEESE

Keju Mascarpone
Terbuat dari krim susu sapi, sehingga merupakan keju dengan bentuk fisik berupa krim. Keju ini biasanya berwarna putih atau kuning dengan tekstur yang sangat lemut dan halus. Biasanya digunakan untuk hidangan penutup pengganti krim dalam pasta atau risotto ataupun tiramisu.



 Keju Krim/Cream Cheese
Memiliki tekstur yang lembut seperti mentega, dan berwarna putih serta memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan keju Mascarpone. Biasanya digunakan untuk bahan cake atau tambahan olesan pada selai.


VARIASI KEJU KERAS/HARD CHEESE

Keju Cheddar
Salah satu jenis keju yang mudah didapat dan sangat populer di Indonesia. Disebut dengan keju cheddar karena awalnya diproduksi di desa Cheddar, bagian dari distrik Somerset, Inggris. Keju ini memiliki tekstur yang rapat dan kencang namun lembut dan cenderung meleleh di mulut dengan rasa yang padat dan merata. Berwarna kuning pucat hingga putih gading dan sering digunakan untuk membuat bermacam kue basah, kue kering, roti dan juga sebagai pelengkap sarapan.


Keju Edam
Keju bertekstur keras dan padat ini berasal dari negeri Belanda. Terbuat dari susu skim yang rendah lemak. Keju Edam dengan usia yang masih muda memiliki warna kuning muda dengan tekstur yang agak lunak dan rasa yang lebih tajam. Semakin lama, warna keju ini akan menjadi lebih kuning dan teksturnya menjadi lebih keras dan kering serta rasa keju yang semakin lembut.  Keju edam memiliki ciri khas yaitu selalu dibungkus dengan lapisan yang terbuat dari lilin merah atau kuning. Keju ini sering digunakan untuk berbagai kue kering seperti kue kastangel, stik kejucheese stick, dan lain-lain.


Keju Parmesan
Keju ini memiliki tekstur yang keras dan padat. Berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil sebesar jarum. Keju yang berasal dari Italia memiliki rasa yang asin dan banyak juga dijumpai dalam bentuk parmesan parut. Biasanya digunakan untuk taburan pasta atau sup. Parmesan dapat bertahan lama jika dibungkus dengan rapat dalam kertas aluminium dan disimpan di lemari pendingin.




Nah, itulah beberapa jenis keju yang sering kita jumpai sehari-hari, baik dalam bentuk asli maupun dalam bentuk yang sudah diolah menjadi berbagai makanan. Tentunya cita rasa makanan berbahan dasar keju memiliki banyak penggemarnya. Salah satu produk olahan keju yang patut di coba adalah kue kering yang dikenal dengan nama cheese stick atau stik keju

Cheese stick dengan merk CHEEZZZTICK merupakan cemilan yang kaya akan rasa, Renyah, gurih, dan sehat karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan tanpa pengawet maupun MSG, menjadi keunggulan dan nilai jual dari produk cemilan yang satu ini. Mau tau rasanya.......? Segera kontak nomor dibawah ini untuk memperoleh informasi lebih lanjut.


Selamat Menikmati.....


No. Kontak Pemasaran CHEEZZZTICK cheese stick keju asli.
HP : 087821830344(XL)
WA: 088218454806
Pin BB : 523E61F1





You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images